Pengertian
Ms Excel
Microsoft
Excel adalah anggota keluarga Microsoft
Office yang terkenal kecanggihannya dalam mengolah data yang berupa
angka-angka. Kita dapat membuat jurnal dan laporan keuangan dengan lebih mudah
dan praktis dengan bantuan aplikasi ini. Pada versi ini, Excel menghadirkan
tampilan yang lebih menawan daripada versi sebelumnya. Bagi yang terbiasa
dengan Ms Excel 2003, tampilan barunya ini pastilah sedikit membingungkan
karena sangat kontras dengan user interface versi terdahulu.
Dalam
materi ini akan membahas tuntas Ms.Excel mulai dari dasar-dasar Ms Excel,
cara memasukkan data, memformat data, penggunaan formula , memodifikasi
worksheet hingga bekerja dengan tabel dan chart. Selengkapnya, ikutilah
penjelasan di bawah ini.
· Dasar-dasar
Ms Excel
Pada
bagian ini, kita dapat menyimak dasar-dasar pengoperasian Ms Excel seperti cara
meluncurkan aplikasi ini, membuat workbook baru, mengenal
worksheet serta menyimpan dokumen yang telah selesai dibuat. Untuk itulah,
simaklah pembahasan berikut.
· Meluncurkan
Ms Excel
Untuk
meluncurkan program Ms Excel , terapkan petunjuk
singkat berikut: Pertama-tama, tekan tombol Start HB terlebih dahulu.
Pilih opsi All
Programs untuk memunculkan semua aplikasi yang tersedia. Selanjutnya, pilih
opsi Microsoft Office >Sesaat kemudian, kita akan masuk jendela utama Ms Excel seperti tampilan berikut.
· Membuat
Workbook Baru pada Excel
Workbook
merupakan sebuah file yang berisi kumpulan worksheet yang yang berfungsi untuk
mengorganisasikan beragam lembar kerja yang berisi data-data
angka. Jika kita harus membuat lebih dari satu dokumen yang terdiri dari banyak
workbook, tentunya kita harus membuat workbook baru untuk mengisikan data-data
lainnya.
Berikut ini
langkah-langkah yang bisa digunakan untuk membuat workbook baru:
» Pastikan
bahwa kita telah meluncurkan aplikasi Ms Excel .» Selanjutnya, pilih tombol Office Button HI yang terletak di bagian kiri atas halaman utama,
» Kemudian pilihlah opsi New. Lanjutkan dengan mengklik opsi Blank Workbook.
» Tekan tombol Create untuk memunculkan tampilan workbook yang baru.
· Menyimpan
Dokumen Excel
Untuk
menyimpan dokumen yang telah selesai dibuat dengan aplikasi Ms Excel , terapkan
cara praktis berikut:
» Tekan tombol
Office Button HI. Lalu pilih opsi Save.» Selanjutnya, ketikkan nama dokumen baru pada kotak teks File name.
» Pilihlah opsi Excel 97-2003 Workbook pada kotak kombo Save as type. Jika kita memilih opsi ini, maka dokumen kita bisa dibuka pada aplikasi Excel versi sebelumnya.
» Akhiri dengan menekan tombol Save untuk menyimpannya.
Ø Mengenal bagian Aplikasi Microsoft Excel

by Getect
(payzo).
Agar mudah dalam memahami Aplikasi Microsoft Excel,
maka anda harus mengenal bagian Aplikasi Microsoft
Excel terlebih
dahulu. Dengan mengenal bagian dan fungsinya akan mempermudah anda untuk
memahami penjelasan dari materi Microsoft Excel. Ada persamaan tampilan antara
Microsoft Word dan Microsoft Exce, Jadi untuk anda yang sudah biasa dengan
aplikasi Microsoft Word, akan mudah mengenali dan memahami bagian dari Aplikasi
Microsoft Excel. Untuk itu perhatikan bagian Microsoft Excel berikut :

|
Bagian ini
berfungsi untuk memberi informasi tentang nama aplikasi yang sedang
digunakan.
|
|
2. Control Bar
Untuk mengontrol tampilan
aplikasi, yang terdiri dari Minimize, Maximize, dan close.
|
|
3. Menu Bar / Menu Ribbon
Bagian ini untuk membagi bagian
dari kumpulan perintah-perintah yang digunakan di dalam penggunaan Aplikasi
Microsoft Excel, sehingga mempermudah pengguna untuk memilih perintah yang
sesuai dengan kebutuhan.
|
|
4. Tool
Bar
Kumpulan dari perintah-perintah
untuk membantu pengoperasian Aplikasi Microsoft Excel, yang berbentuk tombol
dan icon.
|
|
5. Formula
Bar
Bagian ini untuk menampilkan rumus
atau karakter asli dari karakter yang di ketik.
|
|
6. Quick
Acces Toolbar
Toolbar yang dapat digunakan
dengan cepat tanpa harus membuka office button.
|
|
7. Office
Button
Untuk menampilkan sub menu perintah.
|
|
8. Colom /
kolom
Yang di wakili dengan huruf.
|
|
9. Row /
baris
yang di wakili dengan angka.
|
|
10. Cell
Kotak-kotak yang ada pada bagian
excel disebut cell, dan setiap cell memiliki sebuah nama.
|
|
11. Zoom
Untuk mengatur besar-kecilnya
tampilan.
|
|
12. Nama
cell
Nama cell
untuk menunjukkan alamat sebuah cell berada.
|
Ø Kegunaan Microsoft Excel :
• Membuat
tabel
• Membuat
grafik
•
Penghitungan rumus
• Membuat
daftar gaji
• Laporan
keuangan
• Dan
lain-lain.
Ø Langkah-langkah Menggunakan
Microsoft Excel
• Buka
Ms.Excel
start → All programs → Microsoft
Excel
• Tentukan
Page Setup
Jika di cetak sesuai dengan kertas yang kita inginkan
• Tentukan
Jenis dan ukuran Huruf
yang akan digunakan
Ø WORKSHEET (Lembar Kerja) Microsoft Excel
1.
Workbook
terdiri dari 1 - 255 SHEET
2.
Sheet/ Worksheet
terdiri dari:
☻256 KOLOM diwakili oleh huruf (A, B, C,…, AA,…,IV)
☻65536 BARIS diwakili oleh angka (1, 2, 3, …, 65536)
3.
Column/ Judul Kolom
Kolom terdiri dari A – IV ,
lebar kolom maksimal 255.
4.
Row/ Judul Baris
Baris terdiri dari 1 – 65536,
lebar baris maksimal 409.
5.
Cell/ Sel
Pertemuan antar kolom
dengan baris.
Misal : B1 berarti kolom B dan baris ke-1
6.
Range/ sekumpulan sel/ cell group
Misal: D2:D8, F2:G4, dan sebagainya.
7.
Sel Aktif
Sel yang ditunjuk oleh pointer
8.
Alamat Sel, ada 3 macam:
☻ Relative/ Sel Bebas
Contoh: A1, A1:B5
☻ Semi Absolut
Contoh: $A1, A$1
☻ Absolut
Contoh: $A$1, $A$1:$B$5
Ø OPERATOR MATEMATIK
|
OPERATOR MATEMATIK
|
||||
|
SIMBOL
|
KEGUNAAN
|
CONTOH PENGGUNAAN
|
||
|
^
|
Pemangkatan
|
5^2
|
B2^2
|
B2^C2
|
|
*
|
Perkalian
|
10*5
|
A1*5
|
A1*B1
|
|
/
|
Pembagian
|
30/5
|
C2/5
|
C2/D2
|
|
+
|
Penambahan
|
15+24
|
A5+24
|
A5+B5
|
|
-
|
Pengurangan
|
160-20
|
D2-20
|
D2-E2
|


Tidak ada komentar:
Posting Komentar